Tentang Selera

Bicara tentang selera biasanya identik dengan makanan
penggemar kuliner seperti Pak Bondan Winarno, beliau dapat mengkategorikan kualitas penilaian rasa makanan menjadi 3 kategori yaitu “maknyus”, “endos gandos”, dan “top markotop” juga berdasarkan selera.

Membahas tentang selera penyebabnya adalah kosan, minggu ini sedang menjadi hot tread tema pembicaraan. Hijrah dari desa ke kota, perjuangan untuk berusaha menemukan tempat tinggal yang setara dengan kenyamanan sebelumnya. Hasilnya ternyata sulit menemukan yang sesuai dengan keinginan hati. Sesuatu selalu ada sisi kekurangan dan sisi kelebihan, faktor penentu pilihan bisa berupa harga, kenyamanan tempat, fasilitas dan lain sebagainya.

Bisakah dianalogikan seperti memilih suami? tentunya masih berbicara tentang selera, mungkin bahasa yang lebih umum disebut kriteria. Faktor selera yang menentukan kriteria. Seleranya mengatakan bahwa ia lebih nyaman jika berada di samping pria yang humoris misalnya, atau seleranya menginginkan ia untuk memilih pria yang berperawakan tinggi, dan lain sebagainya.

Beberapa orang bahkan bingung, masih tidak bisa mendefinisikan seleranya, tapi ia tentu tetap bisa memilih dan menentukan. Kembali ke soal makanan, ketika sekian warung bakso berjajar disepanjang jalan, tentu setiap dari kita punya selera masing-masing, mana warung bakso yang paling kita sukai. Lalu tanyakan apa alasannya memilih warung bakso tersebut, tak semua bisa menjawab secara rinci, jawaban paling mudah adalah “ya.. suka aja” atau “nggak tau”

Itulah selera, sungguh unik menurutku. Bersyukurlah karena tuhan menciptakan manusia dengan selera yang beraneka ragam. Coba bayangkan jika selera semua orang sama, sama terhadap warung bakso, atau tipikal pria tertentu, apa yang akan terjadi? tentunya hidup tak akan seindah ini. tak akan ada kisah cinta betepuk sebelah tangan. jadi jangan pernah sedih ketika kita menyukai seseorang, tapi tak tebalas, jawabannya kembali ke selera.

lalu apa yang perlu kita lakukan dengan selera? tidak ada, menurutku nikmati saja sensasinya😉

One thought on “Tentang Selera

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s