si manis “gemblong”

makanan terbuat dari ketan yang dilumuri dengan gula jawa alias gula merah
rasanya manis.. enak.. tapi juga enek klo terlalu banyak (hihihi semua makan juga gitu yah ?@#$@$)
pertama kali bertemu, di jembatan penyebrangan, halte busway gelora bung karno.
dari kaleng bulat bewarna biru itu tertulis “gemblong”

mengkombinasi ketan dengan rasa manis sudah biasa aku lakukan
ayahku dirumah sudah mengajarkan itu
ketan yang sudah digoreng (klo kata urang bandung “uli”)
kita menikmatinya dengan gula pasir, jadi kombinasi rasa gemblong sangat familiar dilidahku
meskipun aneh kata urang bandung
karena biasanya “uli” bakar itu dinikmati dengan serundeng😉

————————————————————-

beberapa hari lalu ketika hasrat makan gemblong muncul
bersemangat aku menelusuri halte busway sarinah sepulang kantor
karena jika beruntung aku masih bisa menemukan penjual gemblong
jika tidak, pastinya sudah habis terjual

dan ternyata aku bisa melihat kaleng berwarna biru itu
dengan senyum sumringah dan langkah kaki dipercepat fokus pada tujuan
sudah dipersiapkan niat membeli beserta uang Rp.5000 (dah bisa dapet 5)
buat aku tiga, buat mbak titin biasanya dua (temen nonton TV, pikirku)

tapi aku terkejut ketika tepat akan samapi di depan penjual gemblong
tiba-tiba kericuhan terjadi😦
beberapa polisi pamong praja datang, pedagang berhamburan
aku tau bapak penjual gemblong itu sudah salah langkah
tak bisa kabur, seperti rekannya yang lain (penjual keripik pedas)
dan beberapa pedagang nametag atau pun sandal-sandal.

bapak penjual gemblong itu bingung dan kaget
sementara kaleng biru berisi gemblong yang akan aku beli itu
sudah ditangan polisi pamong praja😦
apa yang akan terjadi dengan gemblong itu ?
bagaimana bapak penjualnya? kaleng biru itu ?

sedih… nggak jadi makan gemblong
sedih… lihat nasib bapak penjual gemblong
—————————————–

ternyata kaleng biru itu ada lagi
tapi penjualnya bukan bapak yang waktu itu
tapi gemblongnya sama enak, sama masih Rp. 1000
manis.. yummmy..

One thought on “si manis “gemblong”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s