Mr. Andrea Hirata

saat ini siapa yang tidak tau dengan “Laskar Pelangi, Sang Pemimpi dan Endensor”

dan siapa yang kini tak kenal dengan penulisnya ” Mr. Andrea Hirata” .
karena bukunya kini menginspirasi banyak orang.

sebuah karya sastra yang ditulis bukan untuk komersil atau sebuah sensasional untuk sebuah nama ketenaran.
sebuah tulisan yang di persembahkan untuk seorang guru, sebagai wujud kasih sayang seorang murid kepada seorang guru.
sebuah karya yang mengalir, bukan dari sebuah khayalan sang penulisnya, tapi mengalir dari hati dan jiwanya atas apa yang pernah dia rasakan hadapi, dan perjuangkan.

andrea hirata adalah Sosok Figur yang dinobatkan sebagai salah satu dari 7 orang sebagai “Tokoh Perubahan 2007: The Sound of Moral” by republika.

Buku ketiganya “ENDENSOR” masuk dalam shortlist Katulistiwa award Award 2007 untuk kategori prosa.

sosok andrea hirata memang seperti apa adanya, tetap dalam kesederhanaan dan kerendahan hati.
di email balasan yang masuk dalam inboxku dia menuliskan:

“Terima kasih pula atas apresiasinya pada buku-buku sederhanaku. Ah, saya ini, tak lebih dari orang yang sedang belajar menulis”.

 

mungkin buku-buku itu sederhana..

mungkin andrea memang sedang belajar menulis..

Tulisan dan buku itu memang sederhana.

tapi yang tidak sederhana dan dasyat adalah pengalaman hidupnya

kehebatannya adalah bagaimana dia bisa menceritakan pengalaman hidupnya

sehingga menginspirasi banyak orang..

 

banyak orang yang memiliki kisah hidup yang mungkin lebih hebat

tapi tidak semua orang bisa menuliskan kisahnya dengan ketulusan dan atas dasar cinta, dan penghargaan untuk orang yang ada di sekitar hidupnya.

dan itulah kekuatan inspirasi yang sebenarnya..

 

seorang Andrea Hirata yang sosoknya ku kenal hanya dari 3 buah buku yang ajaib.

mestinya masih banyak orang lainlagiyang akan menulis dan menyebut nama “ANDREA HIRATA, Laskar Pelangi, Sang Pemimpi dan Endensor”

masih banyak orang yang akan berbagi pengalaman dan inspirasi..

 

semoga “bang ikal ” ini selalu sehat dan selalu di berikan petunjuk.

agar bisa untuk terus mengumpulkan mozaik-mozaik hidup dan akan tetap berbagi dengan kita semua.😀 melalui tulisan-tulisan beliau.

 

untuk aku dan semua yang sedang menanti buku ke-4 maryamah karpov, dari nara sumber langsung :

 

“Jika berminat tahu soal novel keempatku maryamah karpov, novel itu akan terbit sekitar akhir 2008 usai pembuatan film laskar pelangi”

 

Siapakah “maryamah karpov” itu? yang pasti sepertinya Andrea akan terus memberikan kejutan cerita dengan tokoh yang tidak pernah tertebak. tokoh-tokoh yang selalu dia gambarkan dengan sangat luar biasa.

So Proud of You Mr Andrea Hirata
www.sastrabelitong.multiply.com

Thank’s For Your Email. It’s For You
😉

 

 

 

 

 

 

 

21 thoughts on “Mr. Andrea Hirata

  1. g setuju banget klo tentralogi laskarpelangi itu bagus banget! g punya semuanya kecuali maryamah karpov yang belum terbit, udah ga keitung berapa kali g baca ulang semua buku2 itu, tp g ga pernah bosan malah setiap membaca buku itu g selalu menjadi lebih termotivasi untuk mewujudkan mimpi2 g…….
    Tdnya g ga berani bermimpi yang muluk2 tp sekarang g punya impian untuk bisa bekerja di VOA ataupun paling ga g bisa maganag disana! thanks bang ikal yang udah membuat gberani untuk bermimpi……

  2. q pertama baca laskar pelangi malah dari minjem,temen 1 kmar,,
    awalnya se dah tau dari nonton kick andy,awalnya q mikir…ne buku laku amat..ampe pada nangis yang baca,,,,
    tp stlah baca ndiri,bener2 2thumb dah….
    q tunggu dfilmnya,q harap se mrip ma critanya..
    o..ya,sang pemimpi…jga bener2 bgus,mlah q kira ne lbih seru,,,,
    pa jadinya ya,klo seandainya arai ma ikal g nyasar ke IPB,mngkin g jdi ke paris,heeee….

  3. T O P BEGETE!!!!!

    bang ikal emang bener2 ikal ya??
    hehehehe

    keren,,dg adanya tetralogi ini
    winda makin yakin dg kemampuan yang Tuhan Berikan kepada winda

    memberi motivasi sekali
    thnx
    thnx
    thnx

  4. Terima kasih banget sama mas ikal yang sudah mau tandatangani semua bukunya untuk anak saya. Dengan buku2 itu saya bisa ambil hikmahnya untuk saya ajarkan pada anak saya. Saya tunggu “Maryamah Karpov”nya.

  5. pertamanya aq kurang berminat membacanya tapi semakin lama kubaca semakin penasaran aku dibuatnya ternyata pengalaman hidup yang dialami andrea hirata bisa dijadikan salah satu dorongan untuk terus berani bermimipi

  6. Bang Andrea Selamat Ulang Tahun yang ke……
    Kapan jumpa Fans di Palembangnya
    Laskar Pelanginya OK…Banget……
    bagi alamat email Bang Andrea dooooong.
    Tks…..

  7. Kagum, terharu, tersadar, sedih, bangga, dan masih banyak lagi perasaan yang bercampur aduk dalam hatiku setelah membaca buku2 karya Andrea Hirata. Aku adh tipe orang yang suka membaca novel tapi sulit untuk mengingat kembali jalan cerita, judul, dan nama pengarang novel yg sudah selesai ku baca. Tapi utk karya yg satu ini “Laskar Pelangi” (selain Ayat-Ayat Cinta) aku terus terngiang-ngiang ttg isi ceritanya yg notabene adh kejadian nyata,begitu kagumnya dg novel ini hingga aku tidak bisa melupakan siapa penulisnya, bahkan sebelum buku ini banyak diperbincangkan. Satu hal yg hingga kini menggores seperti luka di hatiku atas kekecewaan pada kuatnya himpitan ekonomi negeri, yakni ttg Lintang yg memiliki kejeniusan akal, emosional, dan spiritual yg begitu dahsyat harus kehilangan haknya utk mendapatkan pendidikan yg layak dan putus sekolah setelah ayahnya yg sebagai pemberi nafkah keluarga meninggal dunia sehingga ia yg harus menggantikan posisi itu, padahal saat itu masih duduk di bangku SMP. Seandainya pada saat itu pemerintah tau dan ikut turun tangan membantu pasti kini ia sudah jadi profesor yg bijaksana dan membanggakan tanai air. Tapi itu semua tinggal harapan, semoga tidak ada lagi Lintang-lintang lainnya yg putus sekolah karena himpitan ekonomi, semoga lahir Lintang-Lintang lain yg jenius dan memajukan negeri kita….amin

  8. Sampai sekarang aku masih suka menceritakan kisah Laskar Pelangi ke temen-temen n orang-orang yg belum pernah membacanya.(seperti promotion girl). Antusias bgt gue…

  9. Bang Ikal, hal yang paling saya kagumi dari abang adalah abang orang yang sangat ngat…ngat…ngat… low profile.
    Trus seperti itu aja..I like your style….Dari empat novel abang saya paling ngefans sama Edensor, pokoknya kebayang-bayang suasana Eropanya..jadi pengen dech…ke sana…
    Bikin lanjutannya Maryamah Karpov dong…banyak cerita yang menggantung …terutama tentang A Ling… Dijawab dong…

  10. Maaf..boleh minta tolong g? Gmn sih caranya kontak lgsg ma andrea? Soalnya ada acara d kampusq yg pngn ngundang jd narasumber.. Mohon bgt bntuannya y.. Terimakasih..

  11. gw dah pny mua tetralogy laskar pelangi. dan apa yg di bicarakan org adlh benar adanya. salut, kagum dan pasang empat jemp0l utk bang ikal. hanya saja di buku terakhirnya yaitu maryamah karpov, gw bingung and penasaran bgt, bgaimana kelanjutan dia dan A ling? mengapa menggantung spt itu? Gw gak muna and pasti smua pembaca tetralogy ini setuju utk tahu apakah bang ikal benar2 menikah dan bahagia bersama A ling? atau cinta mrk memang telah kandas sama sekali karena ayah bang ikal tak setuju bang ikal meminang A ling?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s